Kaila 16 Bulan

Kaila 16 Month. My sweety pumpkin little girl. Time flies indeed!





Terakhir cerita tentang achieved milestone Kaila ketika berumur 11 bulan, ketika Kaila pertama kali bisa berjalan sendiri dengan percaya diri. Ada juga postingan ketika Kaila umur 1 tahun tapi lebih banyak mengekspos acara ulang tahunnya saja. Setelah itu saya banyak tenggelam dalam cerita kegiatan akhir minggu keluarga kami.

Karena memang benar kata orang-orang, setelah mencapai umur 1 tahun, perbedaan perkembangan bayi tidak lagi sesignifikan seperti dibawah 1 tahun, yang setiap bulannya pasti ada aja yang berubah. Mulai dari segi fisik badannya yang cepat sekali membesar, lalu kemampuan motorik dasarnya yang dari tiduran, bisa tengkurap kemudian angkat kepala, merangkak, duduk, berdiri hingga berjalan. Dan juga kemampuan lainnya seperti interaksi sosial, motorik kasar dan halus, belum lagi kegiatan minum dan makan yang setiap bulan juga berbeda sehingga sayang untuk tidak diabadikan.

Tapi setelah mencapai 1 tahun, pastinya berkembang juga, tapi tidak seseru, secepat dan sesignifikan perbulannya seperti dibawah 1 tahun kemarin. 'Seru'nya beda, both in a good and bad way, haha. But there wasn't such thing bad here means the real bad. Buruk yang dimaksud disini lebih kepada batas kesabaran yang dimiliki pengasuhnya, baik itu saya maupun orang lain yang mengasuhnya, if you know what i mean *wink. :p

Jadi diumur 16 bulan ini :

Kemampuan Verbal: 

Sudah mengenal dan mampu memanggil orang-orang yang sering berinteraksi dengan dia : Ayah, Nda/Ada (Bunda), Mba, Ti/Ati (Uti), Keng (akung), Ita (Tante Nita/Frita), Aom (Om Rafdy/Ferian), Nin, Abah, Ouou (Uu Buyut) dan Oma. 

Kosakata yang bertambah setiap harinya : no, iya, asih (terimakasih), susu, itu, aiskim (eskrim), aduh, aw, waah, ini, ba (cilukba), duk (kejeduk) dan lainnya. Lalu ada kosakata karangan sendiri seperti 'bap' yang berarti gadget (entah darimana dia dapat kata itu) dan juga 'cit cit' yang hingga saat ini kami masih belum tau maksudnya apa, haha. 

Kemampuan Motorik: 

Motorik Kasar : Jika berpatokan pada KPSP semuanya sudah bisa dia lakukan baik motorik kasar maupun halus. Lebih dari itu jalan sudah sangat lancar, bahkan sudah bisa lari dan melompat. Untuk kemampuan memanjat jangan ditanya, Kaila sangat mahir dan senang bermain di softplay playground yang notabenenya mainan untuk toddler walau sering juga bertemu dengan infant lincah lainnya jika sedang bermain softplay. 

Motorik halus : Makan menggunakan sendok (walau masih berantakan dan kurang sabar), memegang dan minum dari botol minumnya sendiri, menggunakan spidol untuk mencoret-coret, Membolak-balik halaman buku, dan yang paling 'cetar' adalah sudah bisa Youtube-an (-_-"). Kaila mahir sekali nge-tap, nge-slide dan menekan tombol home button iPhone/iPad. Sudah tau apps mana saja yang bisa dia mainkan dan yang paling sering dia kunjungi adalah Youtube. Memilih video yang mau ditonton lalu menontonnya sambil menari goyang-goyangin badan ke kanan dan ke kiri. 

Interaksi Sosial dan Kemandirian : 

Sudah bisa meminta sesuatu yang dia inginkan, misalnya memanggil dengan mencolek saya sambil bilang "Nda, Nda,  susu!", lalu menunjuk kedapur. 

Sudah bisa diajari hal-hal kecil seperti buang sampah tissu bekas pakai ke tempat sampah, menaruh baju kotor ke tempat cucian, ambil remote tv jika ingin mengganti channel tv, dan lain sebagainya.

Bisa diajak komunikasi 2 arah juga walau terkadang dia belum mengerti akan apa yang dimaksud, contohnya ketika memberi ijin untuk bermain gadget kami terkadang mensyaratkan sesuatu seperti "Sebentar saja ya Kaila, soalnya kan mau mandi". Sesekali Kaila bisa menaruh gadgetnya dengan damai, tapi tak jarang berujung pada ngambek ketika waktu bermain gadgetnya habis.
Pagi hari ini ketika saya akan berangkat ke kantor:
Ayah : *bangunin Kaila " Kai, bangun dulu itu bunda udah mau pergi ke kantor kita dadah-dadah dulu yuk!"
Kaila : *bangun sambil ngantuk "No no no!" *jari telunjuk melambai-lambai
Ayah : "Loh, Jadi ga mau dadah? Mau tidur lagi aja?"
Kaila : "Iyak!" *kembali memejamkan mata.
Bunda : -_-"
 Selain 3 hal diatas, Kaila juga sudah punya kegiatan dan mainan kesukaan serta acara TV favorit.

Ah, senangnya Kaila sudah besar. Syukur alhamdulillah sejauh ini Kaila sangat menyenangkan dan tidak merepotkan. Selalu riang, murah senyum dan insyaAllah selalu sehat ya Nak. 

Foto-foto kali ini ditangkap ketika kami berlibur ke Singapura. Cerita liburannya akan segera menyusul. :)


Ayah & Kaila
*kiss

2 comments :

  1. ya ampun 11 bulan dah bisa lariiii? pantesan 16 bulan jd bayi energizer hahaha

    kaila cepet gede yah, pinter selaluuuuu :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Buka blogger ada yang borong comment. Hahahh. Amiin. Makasih Mba Tia :)

      Delete

 

Hi! Welcome to My Blog

Hi! Welcome to My Blog
Fianty T Triswara. Family Blogger.

Quotes

"Children have never been very good at listening to their elders but they never failed to imitate them" - James Baldwin

“The hardest job kids face today is learning good manners without seeing any”- Fred Astaire.

“Motherhood is not a battle against other mothers. Motherhood is your journey with your children” –NN

“Every time you eat or drink, you are either feeding disease or fighting it.” – Heather Morgan.

Kind Reminder

Please do not copy paste without my permission. Thank you.